Search
Close this search box.

Kenalan dengan 4 Tipe Konsumen yuk!

  1. Home
  2. »
  3. Artikel
  4. »
  5. Kenalan dengan 4 Tipe Konsumen yuk!

Sebagai seorang pebisnis, mitra-mitra MSI pasti sering berhadapan dengan konsumen. Baik berhadapan secara langsung maupun online via medsos. Yuk, simak beberapa tipe-tipe konsumen dan cara untuk melakukan pendekatan yang baik:

  1. Tipe Sabar
    Tipe konsumen ini sudah mengetahui dan merencanakan segala sesuatu yang akan dibelinya. Mitra MSI perlu melayani konsumen tersebut dengan tanggap, hindari melakukan penawaran secara berlebihan. Bersikaplah ramah dan penuh perhatian.
  2. Tipe Curigaan
    Tipe ini biasanya selalu mencari-cari kesalahan pada setiap barang yang ingin dibelinya. Hal ini bisa dikarenakan konsumen tersebut memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu akan suatu produk yang digunakan. Untuk menghadapinya, Mitra MSI perlu untuk menjelaskan produk sejelas mungkin dan berikan “jaminan” yang baik. Untuk menjelaskan produk secara detail dan tepat tentu saja mitra MSI harus menguasai product knowledge.
  3. Tipe Banyak Permintaan
    Ketika memilih produk, tipe ini selalu merasa tidak puas. Misalnya seperti meminta ekstra hadiah, meminta potongan harga dan tentunya akan membanding-bandingkan dengan produk lain. Solusi untuk mitra-mitra ialah dengarkan permintaannya dan apabila permintaannya tidak bisa Anda penuhi, meminta maaflah kepadanya dan usahakan untuk tetap tersenyum.
  4.  Tipe Ramah
    Tipe satu ini tipe yang paling mudah untuk diajak berkomunikasi. Anda tetap melayani dengan baik, presentasikan produk Anda dengan jelas dan penuh senyuman.

    Nah, mitra-mitra MSI sudah pernah menghadapi tipe konsumen yang nomor berapa? Sharing di kolom komentar yah. 🥰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *